Senin, 20 Mei 2013

Bisnis Tanpa Modal


Ketakutan terbesar orang saat memutuskan  untuk bekerja secara mandiri di luar ikatan kepegawaian adalah tidak tersedianya modal. Dalam hal ini modal finansial berupa uang. Jika menyangkut modal uang, banyak orang akhirnya memilih mundur dan mengurungkan niat membuka usaha sendiri. Padahal pada kenyataannya, ada banyak bidang bisnis tanpa modal yang dapat ditekuni. Atau, walaupun membutuhkan modal, dana yang harus dikeluarkan tidak mencapai angka puluhan jutaan.

Salah satu bisnis tanpa modal sama sekali adalah bekerja lepas atau freelance. Untuk pekerjaan sebagai freelance Anda tidak membutuhkan modal uang sama sekali. Anda hanya memerlukan modal keahlian yang sesuai dengan pekerjaan lepas pilihan Anda .


Sebelum benar-benar terjun ke bisnis tanpa modal sebagai pekerja lepas alias freelance, berikut ini adalah beberapa tips yang harus Anda perhatikan:
1. Pilih bisnis tanpa modal yang benar-benar disukai. Kesukaan pada pekerjaan membuat Anda bekerja dengan senang tanpa tekanan dan bebas stres.  Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda memilih pekerjaan yang disukai atau memang menjadi hobi Anda.
2. Pilih bisnis tanpa modal yang benar-benar dikuasai. Ada kalanya sesuatu yang Anda sukai bukanlah sesuatu yang Anda lakukan dengan baik. Misal seseorang pecinta sepak bola belum tentu bisa memainkan permainan ini dengan baik. Saat menentukan pekerjaan yang Anda tekuni, Anda juga harus mempertimbangkan hal ini.
3. Terus belajar dan pantang menyerah dalam menekuni bisnis tanpa modal. Salah satu kunci utama kesuksesan seorang pekerja lepas atau freelance adalah kemauan untuk terus belajar dan terbuka terhadap hal-hal baru yang dapat menunjang pekerjaannya. Hal tersebut tidak terlepas dari prinsif dasar pekerjaan ini sangat tergantung kepada kepercayaan pihak lain.
4. Disiplinkan diri sendiri dalam menjalankan bisnis tanpa modal. Walaupun menjadi pekerja lepas sama dengan kerja santai karena tidak terkait waktu kerja (harus bekerja pada jam kerja yang telah ditentukan), bukan berarti Anda bisa seenaknya saja dan meremehkan pekerjaan Anda. Sikap disiplin harus tetap Anda miliki karena hanya dengan kedisiplinan, pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.
5. Perluas jaringan kerja dalam menjalankan  bisnis tanpa modal. Memperluas jaringan kerja merupakan suatu kemutlakan, tak peduli apa pun pekerjaan lepas yang Anda pilih. Tanpa ada jaringan kerja, akan sangat sulit bagi Anda untuk bertahan ditengah persaingan. Bagi seorang pekerja lepas, kontinuitas kerja berarti juga bertambahnya pundi-pundi uang. Sejumlah dana akan terus mengalir ke rekening Anda, selama Anda konsisten dengan bidang usaha yang Anda pilih.
6. Pandai berpromosi dalam menjalankan bisnis tanpa modal. Anda tidak hanya mempromosikan barang dagangan Anda atau pekerjaan Anda, seorang pekerja lepas juga harus bisa mempromosikan diri sendiri di depan klien atau pihak-pihak yang berpotensi menggunakan jasa Anda.

Dengan mengikuti tips-tips di atas diharapkan Anda dapat menjadi seorang pekerja lepas yang sukses dan mendulang banyak uang dari bisnis tanpa modal ini, apa pun pilihannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar