Selasa, 14 Mei 2013

Bisnis Rumahan

Pada umumnya kebanyakan orang tidak berani melakukan bisnis sendiri, salah satu faktor
penyebabnya adalah tidak memiliki modal berupa uang yang relatif besar. Keengganan untuk menjalankan usaha disebabkan karena untuk menjalankan bisnis haruslah memiliki tempat khusus selain rumah yang menyebabkan modal awal untuk alokasi tempat usaha akan menjadi besar, ini belum ditambah dengan menyediakan stock barang atau desain tempat usaha yang akan dijalankan. Kendala diatas bisa kita atasi dengan cara melakukan kegiatan usaha di rumah yang tidak membutuhkan tempat khusus, untuk kegiatan usaha ini disebut dengan bisnis rumahan.

Beberapa keuntungan bisnis rumahan adalah
pertama tidak memerlukan modal yang relatif besar dikarenakan tidak menyewa atau membeli tempat khusus untuk usaha, yang kedua kita memiliki waktu luang bersama keluarga terutama anak-anak, ketiga bisa menghemat waktu dan biaya transfortasi jika harus pergi ke tempat usaha khusus selain rumah.

Bisnis rumahan juga terdapat kekurangan yakni pertama tidak banyak orang yang mengetahui dikarenakan bukan tempat khusus seperti pasar atau perkantoran yang memang tempat berkumpulnya orang banyak sehingga butuh kemampuan khusus untuk mempromosikan tempat usaha, kedua terlihat kurang profesional karena masih bercampurnya kegiatan rumah dengan kegiatan bisnis.

Pelaku Bisnis rumahan biasanya banyak dikerjakan oleh ibu-ibu, pensiunan, dan orang-orang yang memiliki keterbatasan untuk sewa atau beli tempat usaha. 


Ketika banyak orang menggunakan internet ke hal-hal berupa hiburan saja, tentu sangat disayangkan karena dengan memanfaatkan internet kepada hal-hal yang bernanfaat akan memberikan manfaat tidak saja berupa pengetahuan, namun juga dapat bermanfaat secara ekonomis. Fasilitas berupa internet sangat membantu bisnis rumahan dalam melakukan promosi penjualan, dan ini tidak membutuhkan biaya yang besar.

Memang untuk membuka usaha terdengar ringan tapi sangat sulit untuk direalisasikan. Banyak orang yang ingin memiliki usaha tetapi bingung menentukan usaha apa yang yang akan dijalankan untuk menghidupi. Banyak orang yang telah membuka usaha, namun hanya beberapa di antaranya saja yang masih bertahan hingga saat ini.

 Untuk memulai bisnis rumahan dibutuhkan ide bisnis yang cocok dengan usaha yang akan dijalankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar