Senin, 27 Mei 2013

Bandung Selatan

Kawasan Bandung selatan merupakan kawasan agro wisata (daerah perkebunan teh dan pertanian di Pangalengan, Malabar, Ciwidey, Dununghulu, dan Rancabali), Wana Wisata (air panas Cimanggu, Kawah putih, dan Kawah Kamojang), Wisata Air (Ditu Cileunca dan Situ Patenggang).

Tempat-tempat  wisata  di daerah Bandung Selatan diantaranya sebagai berikut :

Situ Patengan. Daerah wisata berupa danau alam yang terdapat di daerah perkebunan teh Ranca Bali, berjarak sekitar 50 Km dari kota Bandung.
Kawah Putih.  Berada di kawasan Ranca Bali, berjarak sekitar 45 Km dari kota Bandung  atau tepatnya berada di desa Sugih kecamatan Pasir Jambu. Kawah Putih merupakan sebuah danau kawah dari gunung Patuha , kawah ini adalah salah satu kawah dengan tingkat keasamaan belerang tertinggi di dunia, dan pernah di bangun pabrik belerang oleh pemerintah kolonial Belanda.
Bumi Perkemahan Ranca Upas. Terletak dekat dengan pintu masuk objek wisata Kawah Putih, merupakan sebuah arena perkemahan yang kondusif dan banyak pohon ekaliptus dan terdapat pengkaran rusa. Disini rusa dibebaskan di area yang sangat luas, dan bagi para pengunjung dibuat bangunan kayu memanjang untuk mengamati aktivitas rusa tersebut.
Kebun Strawberry. Kawasan ini merupakan kawasan wisata petik strawberry yang sangat digemari oleh para wisatwan. Tanaman Strawberry merupakan produk unggulan agro wisata di kabupaten Bandung, khususnya di daerah Ciwidey. Kebun strawberry di daerah ini ada yang dikelola secara tradisional dan ada yang sudah dikelola secara modern.
Cimanggu. Merupakan daerah yang sangat kaya dengan sumber air panas dan terletak di Ciwidey, sehingga dimanfaatkan oleh perum perhutani sebagai kolam renang. Di kolam renang Cimanggu terdapat fasilitas tempat bermain anak-anak dan tempat parker yang cukup luas.
Ciwalini. Merupakan daerah sumber air panas yang berada di kawasan perkebunan the Walini.
Dan masih ada beberapa alternatif tempat wisata di Bandung Selatan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar